Monday, April 16, 2012

Sasana Pustaka : Perpustakaan Karaton Surakarta

PERPUSTAKAAN

KARATON KASUNANAN SURAKARTA

Sasana Pustaka atau Perpustakaan Karaton Surakarta, sekarang sudah berusia 79 tahun. Perpustakaan tersebut didirikan atas inisiatif Sampeyan dalem Ingkang Sinuhun Ingkang Minulya Saha Ingkang Wicaksana Kanjeng Susuhunan Pakoe Boewono X, dengan tujuan sebagai tempat menyimpan buku-buku, kitab-kitab Al-Qur’an dan lain-lain.

Sasana Pustaka terletak di dalam Karaton Surakarta, menempati ruangan 2 (dua) lantai di sebelah Selatan Sasana Handrawina. Perpustakaan ini dibuka dan diresmikan pada hari Senin Pahing, tanggal 20 bulan Rabiulakhir tahun Jimakir 1850, Wuku Warigalung ke-7 Mangsa Palguna (7) Windu Kunthara, Lambang Kulawu Masih Kurup Arbangiah Izrahnabi 1338 atau 12 Januari 1920 oleh Susuhunan Pakoe Boewono X.

Sasana Pustaka terbuka untuk umum dengan syarat membawa surat pengantar dari instansi, lembaga atau surat permohonan pribadi, dengan menyebutkan tujuan dan keperluan mengunjungi perpustakaan.

Perpustakaan Karaton ini menyimpan buku-buku Babad tentang Raja-Raja Surakarta dan Dinasti Mataram, Sejarah Karaton dan pengetahuan tentang kebudayaan Karaton serta informasi lainnya. Hampir semua buku-buku di Sasana Pustaka ditulis dengan huruf dan bahasa Jawa. Di sini juga tersimpan koleksi surat kabar kuno, seperti Bromartani, beberapa buku kuno yang telah disampul khusus berkat bantuan Japan Foundation dan Ford Foundation yang diletakkan dalam ruangan khusus ber-AC.

Kepala Sasana Pustaka pada umumnya adalah Putra Susuhunan. Sekarang jabatan tersebut dipegang oleh Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Puger, BA putradalem S.I.S.K.S. Pakoe Boewono XII, ke 16 yang juga pejabat Pangageng Parentah Karaton  dan juga Wakil SISKS Pakoe Boewono XIII, Beliau mempunyai staff K.P.P.Ariyo Purbodiningrat,K.R.T. Prawirodirjo, R.T. Gitodipuro dan M.L. Haknyopustoko serta bantuan staff dari Taman Budaya Surakarta, Drs. R.T Pustokodipuro, M.L Reksokasmiran, R.M. Bambang Sudarsono dan M.Ng. Topo Broto Suripto.

0 comments: